PRODI MP MENGABDI PADA MASYARAKAT BANTUL DENGAN MEMBERIKAN LOKAKARYA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA GURU SD

Sabtu, 07 Nopember 2015 Jurusan AP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Wilayah Binaan dengan memberikan Lokakarya Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk guru SD se-Kabupaten bantul. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat di Dinas pendidikan Dasar Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 61 peserta yang berasal dari kalangan guru SD dari tiap-tiap gugus dan dimulai pukul 09.00 WIB.

Lokakarya dimulai dengan acara pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan sambutan perwakilan dari jurusan AP yang disampaikan oleh Sudiyono, M.Si. beliau menyatakan rasa terimakasihnya terutama kepada pihak Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul yang telah berkenan menerima dan memfasilitasi kegiatan PPM. Sudiyono juga berharap semoga PPM ini dapat membatu guru dalam meniti karir. Karena pada zaman sekarang seorang guru dituntut untuk memiliki karya tulis untuk menunjang profesionalisme guru serta karya yang ada dapat juga digunakan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas, Drs. Totok Sudarta, M.Pd.. Totok menyampaikan ungkapan terimakasih kepada jurusan AP yang telah berkenan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Beliau berharap semoga kerjasama ini tidak terputus hanya dengan kegiatan lokakarya ini, akan tetapi pada kegiatan lain bisa juga melibatkan Dinas Pendidikan Dasar kabupaten Bantul. Selain itu, Totok juga berharap kepada semua guru yang menjadi peserta lokakarya agar semua dapat menyelesaikan artikel dan bisa dimuat ke dalam jurnal baik skala lokal maupun nasional.

Sesi berikutnya adalah penyampaian materi oleh Dr. Setya Raharja, M.Pd.. Materi yang disampaikan seputar Jenis-jenis karya tulis sampai dengan bagaimana cara menulis karya tulis dengan baik dan benar. Setelah sesi tanya jawab, selanjutnya peserta dibagi menjadi 6 kelompok untuk pendampingan oleh fasilitator. Adapun fasilitator berasal dari kalangan dosen jurusan AP FIP UNY. Pendampingan ini akan berlanjut diluar jam lokakarya. Harapannya akan ada produk karya tulis ilmiah dari para guru SD yang dapat dimuat di jurnal ilmiah. (hn)