Mahasiswa Berprestasi FIP UNY 2015 Sit In Ke Universiti Pendidikan Sultan Idris di Malaysia

“Not only life long education, but also life long contribution.”, kalimat tersebut dilontarkan oleh Tan Sri Dato’ Seri Dr. H.Yahaya Ibrahim sebagai Pro-Canselor UPSI ketika pidato dalam prosesi Wisuda UPSI ke-17 pada Kamis 26 November 2015 lalu dengan begitu bersemangat, sehingga menginspirasi dan menggetarkan hati kami. Saya sebagai perwakilan dari Prodi Manajemen Pendidikan beserta sembilan mahasiswa berprestasi FIP 2015 lainnya didampingi oleh Ibu Suyantiningsih dan Bapak Puji Riyanto, saat itu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti prosesi wisuda mahasiswa UPSI dalam serangkaian kegiatan Sit In Mapres FIP UNY 2015.

Sit In merupakan sebuah program kunjungan ke universitas di luar negri yang dilaksanakan setiap tahun oleh FIP UNY untuk mahasiswa berprestasi terpilih. Pada tahun 2015 ini sebelumnya kegiatan seleksi Mahasiswa Berprestasi telah dilaksanakan pada bulan Maret 2015, dan kemudian kegiatan sit in baru dapat terlaksana tepatnya pada tanggal 23 s.d 27 November 2015 dengan tujuan Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia Universiti Pendidikan Sultan Idris di Malaysia.

Pihak UPSI menyambut dengan sangat baik dan telah menyiapkan jadwal kegiatan sit in untuk kami. Kami diperbolehkan mengikuti beberapa perkuliahan untuk mata kuliah umum seperti Pembelajaran dan Perkembangan Pelajar atau kita menyebutnya dengan Psikologi Pendidikan, Pengurusan Pembelajaran atau Manajemen Pendidikan, serta mata kuliah Pengajaran Teknologi dan Penaksiran atau Mikro Teaching. Perkuliahan di sana begitu dinamis dan budaya diskusi mahasiswanya sangatlah tinggi. Kegiatan presentasi dalam setiap perkuliahan yang kami ikuti begitu menarik dan sangat hidup. Para mahasiswa di sana pun begitu antusias dengan kedatangan kami, dan di setiap akhir perkuliahan kami diberi kesempatan oleh para lecturer di kelas tersebut untuk berbagi dengan mahasiswa di sana terkait pendidikan di Indonesia dan Malaysia.

Selain mengikuti proses perkuliahan, kami juga dibersamai mengunjungi beberapa fasilitas  pendidikan yang ada di sana seperti kolej atau asrama mahasiswa, lab Pendidikan Khas atau PLB, lab Pendidikan Awal Kanak-Kanak atau PAUD, Muzium Pendidikan Nasional, Perpustakaan Tuanku Bainun UPSI, Wellness Centre, dan National Children Development Research Centre. Sebagai satu-satunya universitas pendidikan di Malaysia, fasilitas untuk menunjang pembelajaran mahasiswa di UPSI memang sudah sangat maju, dan pihak UPSI pun terus berusaha meningkatkan fasilitas yang dimilikinya.

Kegiatan sit in kemudian ditutup dengan kunjungan mengikuti prosesi wisuda mahasiswa UPSI yang begitu menginspirasi, dan kemudian akhirnya kami pun harus kembali ke Indonesia membawa sebuah pengalaman tak terlupakan. Bagi saya pribadi kegiatan ini merupakan sebuah inspirasi untuk pengembangan diri. Dan tentu saja bagi FIP, kegiatan ini merupakan sarana dalam meningkatkan kualitas lembaga, karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya benchmarking atau komparasi, dan sebagai ajang membangun kerjasama dengan pihak luar negeri.

Begitu banyak cerita dan hikmah dari pengalaman yang kami dapatkan di kegiatan sit in ini. Dan untuk teman-temanku para mahasiswa UNY dan khususnya mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan: Dunia ini begitu luas kawan. Kita mungkin saat ini bukan apa-apa, tapi bukan berarti kita berhenti dan menjadi pasif. Terus kembangkan diri kita sebagai SDM berkualitas untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Salam Maju Berprinsip !. (Hatifah Putri)