Study Banding HIMA Administrasi Pendidikan UNY ke UPI Bandung

Kamis (29/4) Prodi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY melakukan kegiatan study banding di BEM dan HIMA Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Kedatangan mahasiswa AP FIP UNY disambut oleh Ketua Jurusan AP UPI dan dosen pendamping mahasiswa, serta pengurus BEM dan HIMA AP FIP UPI.

Acara dimulai dengan pemberian sambutan oleh ketua jurusan AP FIP UPI. Dalam sambutannya, Dr. Endang Herawan selaku ketua jurusan menyampaikan ucapan selamat datang, salam silaturrahmi dan berharap semoga kerjasama dan ikatan kekeluargaan antar lembaga selalu terjalin dengan baik. Acara dilanjutkan pemberian bekal kepada pengurus BEM dan HIMA AP UNY dan UPI yang disampaikan oleh Dr. Asep Suryana, M.Pd. dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa seorang mahasiswa, selain membekali diri dengan keilmuan yang diperoleh dibangku kuliah secara mendalam, mahasiswa juga harus memiliki skill yang harus terus diasah dan dikembangkan sebagai bekal terjun di masyarakat.  Terdapat tiga skill, yaitu mampu berkomunikasi dengan baik, mampu membangun jaringan yang luas, dan mempunyai pengetahuan tentang IT. Ketiga skill tersebut merupakan bekal utama untuk menuju kesuksesan, baik didunia kerja maupun hidup ditengah masyarakat jaman sekarang, imbuhnya.

Study banding ini merupakan program kerja HIMA Administrasi Pendidikan UNY setiap tahunnya.  Tahun ini mengambil tema “Meningkatkan Wawasan dan Kualitas HIMA Administrasi Pendidikan” dan didampingi oleh Baiquni Rahmat, M.Pd.. Selain mahasiswa mendapatkan beberapa bekal di atas, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk sharing program dan struktur organisasi, diskusi permasalahan dalam organisasi, serta orientasi jurusan Administrasi Pendidikan kedepannya.

Dalam sesi kunjungan tersebut, terdapat berbagai rangkaian acara yang dipersembahkan oleh HIMA AP UPI Bandung . Diantaranya, tari kembang tanjung  dari Jawa Barat oleh mahasiswa AP UPI Bandung. Pada akhir acara sebelum sesi foto bersama di depan gedung rektorat UPI Bandung, BEM  HIMA AP UPI Bandung dan HIMA AP UNY jalan-jalan keliling lingkungan kampus UPI Bandung untuk mengenal dan melihat kampus lebih dekat. (dew & han)