TEMU KOLEGIAL MANAJEMEN PENDIDIKAN FIP - JIP SE-INDONESIA DI UNY

Rabu-Kamis, 05-06 Juli 2023, Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan FIP JIP (Forum Ilmu Pendidikan - Jurusan Ilmu Pendidikan yang dihadiri oleh berbagai dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa universitas yang turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah:
1. UNM (Universitas Negeri Makassar)
2. UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)
3. UPI (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
4. UNG (Universitas Negeri Gorontalo)
5. UNP (Universitas Negeri Padang)
6. Undiksha (Universitas Pendidikan Ganesha, Bali)
7. UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
8. UM (Universitas Negeri Malang)
9. Dan jajaran pengurus ISMAPI (Ikatan Sarjana Manajemen/ Administrasi Pendidikan Indonesia)

Salah satu topik pembahasan di dalamnya adalah mengenai nomenklatur AP (Administrasi Pendidikan) dan MP (Manajemen Pendidikan) dengan kode yang sama. Selain itu, diputuskan perlu adanya sinergi dan kerjasama APMAPI dan ISMAPI untuk mengkai konsep Manajemen/ Administrasi Pendidikan dalam bentuk capaian pembelajaran. 

Tindak lanjut dari adanya forum tersebut adalah dengan melakukan bargaining pada level pemangku kebijakan/ level mitra dalam lingkup regional dan level perguruan tinggi terkait kompetensi lulusan AP atau MP. Selain itu diperlukan adanya penyusunan terhadap kajian dan naskah akademik kompetensi lulusan AP atau MP pada Bulan Agustus untuk disampaikan kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara).